Jumat, 08 Maret 2013

Agama dan Etika Islam

Agama adalah prioritas paling utama dalam hidup saya. Islam menjadi landasan di segala aspek kehidupan saya. Di setiap perbuatan yang saya lakukan, di setiap perkataan yang saya ucapkan, di setiap langkah yang saya lalui, saya selalu menjaga agar tidak pernah terlepas dari ajaran Islam. Saya berusaha untuk selalu mengingat Allah SWT di setiap langkah menjalani kehidupan ini. 

Namun, saya adalah seorang manusia biasa, penuh kekurangan, tidak berdaya. Semua yang saya jalani adalah sebuah proses, yaitu proses belajar. Dalam prakteknya, sangat sulit untuk benar-benar meresapi sepenuh hati makna berTuhan dan konsisten dengan amalan-amalan untuk menerapkan Islam sebagai landasan kehidupan. Apa yang sudah saya punyai, dalam hal ini pengetahuan dalam belajar, tidak ada apa-apanya dibanding segala kuasa yang Allah SWT telah tunjukkan dalam berbagai bentuk di kehidupan kita. Yang bisa saya lakukan adalah terus belajar dan belajar untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, hingga akhirnya saya bisa mendekati kondisi dimana Islam benar-benar telah melekat secara kuat dalam sanubari . 

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk proses belajar ini, salah satunya adalah dengan mengikuti perkuliahan Agama dan Etika Islam, seperti yang sedang saya jalani saat ini. Walaupun hanya berbobot 2 sks (2 jam perkuliahan dalam 1 minggu), banyak manfaat yang bisa saya ambil. Saya tidak menganggap ini adalah kewajiban sebagai mahasiswa saja, melainkan sebuah kebutuhan. Yaitu kebutuhan untuk menjalani proses belajar untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT seperti yang telah disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar